Sabtu, 17 Desember 2011

Kontrakanku Disatroni Maling

Jum’at, 16 Desember 2011 kontrakanku disatroni maling. Kontrakan pada hari itu memang sepi tak berpenghuni. Mas Agung yang tinggal sekontrakan denganku pulang kampung karena neneknya meninggal, sedangkan aku sendiri ke kampus, karena tuntutan akademis mulai jam Sembilan pagi. (sok sibuk)

Kuliah pancasila yang sedikit membosankan membuatku sedikit ketiduran (emang kamu jago tidur), karena bosan dengan pelajaranya, memang aku kurang suka dengan pelajaran ini. Akhirnya jam menunjukkan sebelas seperempat siang, Dosen menutup pelajaran yang sedang berlangsung “Sekkian pelajaran kuliah pancasila ini semoga bermanfaat, selamat siang Assalamulaikum Wr.Wb” 

Karena jam satu siang aku ada kuliah lagi yaitu matakuliah Penangatar Ekonomi Mikro yang jadwal aslinya hari selasa kemudian diganti hari jum’at pukul satu siang, karena selasa kemaren ada tim aksesories yang mengakreditasi jurusan kami, yaitu IESP (Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan).
# Promosi jurusan “Kata Dosen  Mikro, yaitu Dra. Anifatul Hanim, M.Si

Kendala kontrakanku jauh dari kampus, kuputuskan untuk numpang mandi di kosannya temenku, kemudian kutunaikan salat jum’at dan jum’atan selesai kira-kira pukul setangah satu.
“Ndra makasih ya dah ngijinin aku numpang disini tadi, aku pamit kul dulu” aku pamit ke temanku utuk kuliah lagi. “Iya sama-sama, hati-hati dijalan Brow” “Oke” jawabku sambil jalan menuju sepedaku yang terparkir ditempat parkir. Perut terasa lapar akhirrnya kuputuskan untuk ngisi perut dulu, karena dari pagi memang belum di isi. Perut laper, makanan enak meskipun gak mahal, dan ditemani musik banyuwangenan plus es teh membuat semakin nikmat saja.
# yang pingin beli murah meriah enak warung jawa tujuh, dijamin puas

Hp menunjukkan Jam satu lewat seper empat. Ku tarik gas sepedahku menuju ke kampus. Alhamdulillah belum masuk, jadinya tidak telat. Pukul tiga sore kuliah pengantar ekonomi mikroku selesai. Aku tidak langsung pulang ke kontrakan, karena jam tiga masih ada rapat redaksi di ecpose (pers mahasiswa). Ternyata teman-temanku belum ada yang dateng, karena cuaca yang kurang mendukung, hujan rintik-rintik dan tak jarang petir menyambar di langit yang kelam.

Mata sedikit ngantuk terpaksa terpejam mata ini di UKM Ecpose, sambil menunggu teman-teman. Tak terasa sudahhampir Sembilan puluh menit ku terlelap. Ipunk datang, dia adalah anggota rapat redaksi kami sebagai fotografer. Akhirnya aku terbangun karena kedatangannya, kemudian kami berbincang-bincang gimana ini jadi rared (rapat redaksi) atau tidak?, karena jumlah angggota rared kami lima sedangkan yang datang cuma dua yaitu aku dan ipunk dan jika diprosentase tidak ada 50% kamipun memutuskan untuk menundanya. Kami pun pulang ke kosan/kontrakannya masing-masing sekitar pukul lima sore. 

Dua puluh menit perjalanan pulang ke kontrakan. Sampai di depan kontrakan diriku sungguh terkejut melihat keadaan pintu depan yang kuncinya rusak (karena dicongkel maling) sepeda langsung ku jagang kemudian kuperiksa kedaan dalam kontrakan ternyata pintu kamar teman saya, kunci pintu belakang dan ventilasi kamar teman saya juga telah dirusak, semuanya berantakan sampai-sampai jemuranku yang ada di belakang juga mawut-mawut jatuh ke tanah semua (rugi ya saya nyuci, capek-capek nyuci, kotor lagi) tetapi untungnya dan anehnya kamarku tidak terjadi apa-apa, kuncinya tidak dirusak. Andai saja ikit di rusak makan laptop, sound, majigcom dan masih banyak lagi barang berharga lainya yang ada di dalam kamarku bakalan lenyap.

Langsung ku telpon teman ku yang sedang pulang kampung itu, aku tanyakan apakah dia yang mencongkel pintu kontrakan (pikirku kuncinya dia hilang, jadinya dia congkel) “Aku nggak tau menau yan, aku nggak nyongkel pintunya, aku pulang baik-baik ja kok keadaannya” ujarnya setelah kutanyakan padanya via telpon.  Karena pulsaku pas-pasan akhirnya ku akhiri percakapanku “ya udah mas, kita smsan ja, pulsaku ngedrob, asslamualaikum” kata terakhir dalam telpon.

Setelah ku amati yang hilang ternyata tabung elpiji 3 kg, sound kecil, dan belum tau lagi apa yang hilang soalnya yang di ubrak abrik kamarnya teman saya, karena aku gak tau barang apa aja yang ada didalamnya, yang kelihatan mencolok ya TV, sound besar, kecil, baju-baju dan lain-lain. 

Dari kejadian dan tanda-tanda yang kudapati kronologis  dari kajadiannya kurang lebih seperti in, malingnya masuk lewat pintu depan dengan mencongkel kunci depan, kemudian menconngkel pintu kamar teman saya, dan merusak jendelanya, kemudian mengambil barang-barang yang dibutuhkanya, kemudian Karena takut ketahuan pergi lewat pintu belakang kemudian mencongkel bethek (pagar dari bambu) dan akhirnya meloloskan diri. Dan dalam pengamatan saya kayaknya malingnya lebih dari satu orang. Dan mungkin pelakunya tukang kompor (Masak yang dibawa tabung gas)

Yang saya heranin, kok gak bawa barang-barang yang lebih mahal kan ada, TV 24 inc, sound besar merek simbada, sound kecil, megicom, setlika yang saya rasa lebih mahal harganya, tetapi mungkin malingnya masih punya hati jadinya masih punya rasa kemanusiaan. Makasih maling semoga barang-barang yang kamu ambil bisa bermanfaat, dan jangan ulangi lagi ya, karena kami masih pengangguran belum bisa cari uang sendiri.
Dan sedikit harapan saya  untuk maling, semoga cepat insaf karena 2012 kiamat (kata mama Lauren, hehe) just kidding.[Oleh: M. Miftahur Royan]

Sekian ceritaku,  
Jember, 17 Desember 2011


Comments
32 Comments
  1. kwakakakakak....
    apwes2.

    tapi untung gus gag hatimu yang dicuri

    el-rizky net

    BalasHapus
  2. @akbar gak pa2 harta masih bisa di cari, bener gak??? hehe
    yang penting masih selamat

    BalasHapus
  3. Hmmm...
    Turut prihatin Sob...
    Kalo dianalisa apa mungkin gak, ada hubungannya ama tukang Bakso, mi yang pernah beli makanannya tapi Nge-bon gitu..
    jadi dia mw balas dendam nyurinya tabung elpiji gtu (wkwkwk analisa dari detektif koplak, ndak usah didenger)
    Y musti lbih ati2 pasang pengaman ganda ja Sob biar lbh Save

    yg sabar.. :)

    Happy Blogging

    BalasHapus
  4. @(Aku Bukan) Bang Thoyib wah bener juga tuh analisa agan detektif, temen saya itu memang suka beli , mie bakso gitu,.. gak tau ngebon atau enggak.. kalo aku jarang beli bakso lewat gitu
    bkana karna gak doyan, tapi gak punya uang..hahaha

    happy blogging to

    BalasHapus
  5. yang bener tuh mas? yang dibawa cuma tabung gas mas?
    wah jangan" maling itu tetangga mas, dy gy masak py gasnya abis jadi cari pinjeman terdekat aja, hehe

    BalasHapus
  6. @Bluesoft77 analisa dari sahabat yang kedua juga masuk diakal juga..hehehe
    happy blogging sob

    BalasHapus
  7. masuk akal gmn mas? masuk akal gilanya ya? haha
    happy blogging juga dari saya mas...

    BalasHapus
  8. laporin ke KPK gan... dijamin malingnya langsung ketangkep... hehehehe

    BalasHapus
  9. xixixix...sing sabar bro ....rejeki pasti datang lagi kok...salam kenal ..visit back oc

    BalasHapus
  10. Wah, Malingnya keren, untung bukan rumahnya yang di bawa lari.hehe

    BalasHapus
  11. wah .... kudu harus ati", palagi analisanya lebih dari 1 org, pasang alrm maling aja tuhh, ... biar aman sobat ..

    BalasHapus
  12. hahaha ada saja ada saja
    moga aja dah enggak disantroni lagi kak

    BalasHapus
  13. @Bluesoft77 happy blogging

    @GIA KPKnya masih sibuk korupsi

    @Liandri eko iya gan maksih

    @SAVIO makasih dukungannnya sob

    @goyang pattah-pattah kocak gmana gan, lagi berduka nie

    @Joz Java saking kerennya gak tau kalo yang di bawa tabung gas

    @Lucy Photo for Kids and Family Art alarem yang kayak apa tuh gan

    @naspard amien maksih doanya

    BalasHapus
  14. Iya, semoga yg ngambil barang-2 tersebut segera berubah jd baik, semoga barangnya bermanfaat. Saya juga pernah ngalami hal serupa, siang hari sewaktu saya kerja, barang2 yg di ambil yg portable (lagian di rumah mang isinya barang portable), laptop, arloji, camdig, 1box CD back up file, kompor listrik...bahkan aksesoris jilbab saya pun di bawa semua. Tetap saja saya merasa kehilangan terutama file di alpto dan isi camdig (dokumentasi waktu lebaran belum ta pindah). Tp finaly saya hrs m'ikhlaskan dan semoga membawa manfaat bagi org tersebut.

    BalasHapus
  15. wah harus lebih hati2 tuh, dan semoga saja 2012 malingnya dah insyaf hehe

    BalasHapus
  16. @Ririe Khayan iya non, aku juga udah berusaha untuk mengiklaskannya
    mungkin ini adalah cobaan dan peringatan dari Tuhan karena Dia sayang kepadaku

    @rido smille Amien, saya duga2 lagi.. mungkin malingnya itu seorang pemulung, karena menurut fakta.. barang2 seperti plastik2 atom ilang semua..

    BalasHapus
  17. Ane turut berduka krn kontrakan ente udah d satrono maling

    Ini Blogku & Blog'e Cah Nganjuk mensupport blog agan agar trs berkarya...keep write gan biar cpt dpt pr dr google :)

    BalasHapus
  18. Sabar bro, pasti ad hikmahny.
    gw jg anak rantauan jadi sesama anak rantauan kita saling support.hehe

    BalasHapus
  19. turut prihatin mas, semua ada hikmahnya. Hati2 aja yang namanya kos banyak diincar maling. Kosq dulu juga pernah

    salam kenal

    BalasHapus
  20. Semoga malingnya masuk syurga aza broe....heee

    BalasHapus
  21. @Berbagi Ilmu Pengetahuan makasih gan, semoga supportnya di bales ma mbah google

    @AboutCom salam support dari 4kopisusu online
    @adsloko iya mas harus lebih waspada
    salam kenal juga
    @ICAHBANJARMASIN amien..

    BalasHapus
  22. di ikhlaskan saja mas brow...
    semoga dapet gantinya yang lebih baik lagi..
    mungkin itu peringatan mas bro, bahwa apa yang kita miliki, sebagian adalah milik orang lain...

    BalasHapus
  23. Trima kasih sdh mau coment jg di blog aku ya sob..moga makin akrab aza kita...heeee

    BalasHapus
  24. @Aya Sofia iya nih lagi proses pengiklasan
    # hehehe kayak apa aja ada proses segala
    bener non, memang didalam harta kita ada sebagian haknya orang lain, semoga ini bisa buat pembelajaran bagi saya dan semuanya yang sudi membaca

    BalasHapus
  25. Wkakakakak... Sebenarnya ini sedih, tapi setelah dibaca ending nya koq malah bikin ketawa ya mas?
    Yang sabar ya...
    Ahahahahah... Duh ga bisa nahan ketawa neh... (o.o)

    BalasHapus
  26. @Blogger Newbie wah nia agan orang lagi berduka kk malah di tertawain
    tapi gak apalah untuk menghibur
    #senyum

    BalasHapus
  27. Haduuh kasian tuh maling,gimana klo karma berlaku trus tabungnya meledak,mati luu,hehe.
    Ane turut prihatin sop,bila yang diambil tabung kecil,semoga Alloh cepat menggantikannya dengan tabung besar.
    Nice post,happy blogging.

    BalasHapus
  28. Ambil Hikmah nya ya Sob... Kejadian ini kan terjadi pada Tetangga Sobat,,Semoga untuk kedepan nya Sobat lebih berhati2,,Yang nama nya musibah kita kan ga tahu kapan datang nya..Oh,iya..Saya harap sobat bersedia menerima tag Award ini dan berkenan untuk melanjutkan nya..Untuk info nya bisa di Link ini http://ahmad-roni.blogspot.com/2011/12/tag-pertama-dari-sobat-blogger.html

    BalasHapus
  29. @Raihan Mar'ie Ramadhan wah jangan samapi meledak kasian malingnya
    tapi aku juga gregeten sama tu maling

    @My Blogs|D'roni ine terjadi pada kontrakanku sendiri gan, bukan tetanggaku
    heem aku kan berusaha lebih hati2 dan mengambil hikmahnya
    tag ku terima gan...langsung ke tkp

    BalasHapus
  30. ya smoga ja dgn kjadian tsbut jadi lebih hati2 n doakan aja orang yang mengambilnya supaya dibukakan pintu hatinya...

    BalasHapus

Tulisan terkait