Jumat, 28 Oktober 2011

Visual Basic

Mengapa aku menulis artikel mengenai Visual basic. Sebelum ku menerangkan sedikit sebisa saya mengenai Visual Basic, aku akan menceritakan awal mulanya aku terinspirasi untuk mempostingkan artikel ini. Artikel ini sebenernya ku tujukan untuk sohib lama ku yang bernama Komang Arista, pemuda asal Desa Dam Telu Tepatnya berada pada kecamatan Tegaldlimo kabupaten Banyuwangi. Sudah lama saya hilang kontak dengannya setelah kami sama-sama lulus dari SMKN DU Muncar 2010. Bukan karena saya sombong tidak mau menghubinginya tetapi dikarenakan HP saya habis rusak dan akhirnya kuputuskan untuk mengefleskanya dengan resiko semua data yang tersimpan akan hilang termasuk juga nomor HP. Sejenak ku berfikir, tak apalah semua dataku hilang, data bisa dicari, yang terpenting sekarang HP ku bisa sembuh dulu "Kayak Manusia saja bisa sakit". Dan akhirnya kuputuskan untuk mengefleskan HPku.

Singkat cerita pada suatu malam tepatnya tanggal 27 oktober 2011 aku browsing dan sambil fban bersama temanku yang bernama Aris Arifin tetapi nama akrabnya Kentis, dengan membawa dua laptop  kami sibuk dengan acara masing-masing di Rumah Allah (Mushola) Fakultas Ekonomi Unej. Kentis, teman saya itu sibuk dengan bermain Poker, sedangkan aku sibuk dengan hobiku yang sekarang, yaitu ngeblog. Padahal besok jam sembilan pagi ada kuliah Pendidikan Pancasila dan ada tugas yang belum ku kerjakan, tetapi bagiku itu tidak masalah yang penting hobiku ini tersalurkan. Mungkin Tuhan telah menunjukkan jalan lain menuju suksesku. Amien.

Ku buka Webnya Facebook.com dan langsung login dengan akunku, tak tau apa yang meng ilhamiku untuk mencari sahabat-sahabatku di situs jejaring sosila Facebook, mungkin rasa kangen yang mendalam atau entah dorongan yang lain yang tak terfikirkan olehku. Malam itu tiba-tiba di facebook muncul facebooknya comeng entah aku mengeklik apa dan akhirnya ku catat no hpnya yang ada di facebooknya dan ku sms dia " Hallo sohib, gimana kabarnya, semoga tetap sehat selalu" Pesan sms untuk nya, dan dilanjutkan dengan sms-smsn rasa kangen lainya. Diwaktu sms lelucu terselip tanya dia padaku "Yan, kamu masih punya Program VB nggak, aku ada tugas nich, yang mengharuskan make program itu dan aku gak punya" dari sms itu kemudian kusanggupi permintaanya, dan untung saja file program VB masih ada di leptop kesayanganku walau sudah agak jadul. Segera ku upload program VB itu ke 4shared.com dengan akunku, yang pada waktu itu aku kebetulan sedang online di kampus bersama kentis.

Begitulah kurang lebihnya cerita pendek terjadinya artikel ini dan selanjutnya akan kujelaskan sedikit saja tentang, Apakah Virtual Basic itu sebenernya? Program apa? dan siapa pembuatnya?

[Sumber] 
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

Sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic

Untuk Software Virtual Basicnya bisa di download disini[Oleh: M. Miftahur Royan]


Jember, 28 Oktober 2011
Mushola Fakultas Ekonomi Unej 0.15 Pagi


Comments
2 Comments

Tulisan terkait