Senin, 22 Desember 2014

Menjadi Mahasiswa Teladan

Siswa yang telah lulus sekolah setingkat SMA / sederajat yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi disebut mahasiswa.Mahasiswa adalah siswa yang berada dalam Perguruan tinggi. Perguruan Tinggi di Indonesia macamnya banyak ada Universitas, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut dan lain sebagainya. Sama halnya dengan setingkat SMA yang juga bayak macamnya seperti SMA, MA, SMK dan lain sebagainya.
Berbicara tentang mahasiswa akan menarik ketika membicarakan apasih hak dan kewajiban seorang mahasiswa?, Apakah sama ataukah berbeda dengan siswa? Dari nama saja sudah berbeda pasti ada sedikit banyak perbedaannya antara kewajiban dan hak mahasiswa dengan siswa. Disini saya akan lebih condong membahas tentang hak dan kewajiban mahasiswa, karena saya seorang mahasiswa pada saat ini, dan doakan segera lulus biar tidak menjadi mahasiswa abadi (sebutan untuk mahasiswa yang tidak lulus-luilus studinya).


Siswa mempunyai guru, sedangkan mahasiswa juga mempunyai guru yang disebut dosen. entah dosen itu istilah atau apa sepengetahuan saya dosen adalah gurunya mahasiswa. Seorang mahasiswa tentunya mempunyai hak serta kewajiban. karena enak sekali kalo hanya mempunyai hak saja namun tidak memiliki kewajiban. hak dari seorang mahasiswa antara lain menurut Dr. Moh. Adenan, MM (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Jember, dalam silabi, 2014)

Mahasiswa Mempunyai hak, antara lain:
1. Mendapatkan substansi perkuliahan sesuai kontrak
2. memperoleh kesempatan untuk evaluasu hasil belajar sesering mungkin
3. memperoleh kesempatan seluas-luasnya menanyakan materi kuliah yang belum mengerti
4. memiliki hak keterbukaan dalam evaluasi hasil belajar
5. mendapatkan kembali semua pekerjaan evaluasi perkuliahan
selain hak mahasiswa juga mempunyai kewajiban:
1. Mengikuti perkuliahan tepat waktu, tertib/sopan dan memenuhi persyaratan prosentase kehadiran sesuai peraturan
2. belajar mandiri sebelum dan setelah materi kuliah diberikan
3. menelusuri materi lain yang berkaitan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan dan praktikum
4. mengikuti semua kewajibanevaluasi perkuliahan dan praktikum

Tanpa adanya dosen dalam sebuah Perguruan Tinggi, ibarat motor tanpa bahan bakar, yang tentunya tidak akan bisa dibuat sebagai layaknya motor. berikut adalah hak dari seorang dosen antara lain :
1. menuntut mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan tepat waktu, tertib/sopan dan memenuhi persyaratan prosentase kehadiran sesuai peraturan fakultas
2. menuntut mahasiswa untuk belajar mandiri sebelum dan setelah materi kuliah diberikan
3. menuntut mahasiswa untuk rajin menelusuri materi lain yang berkaitan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan dan praktikum
4.  menuntut mahasiswa untuk sepenuhnya dan selengkapnya mengikuti semua kewajiban evaluasi perkuliahan dan praktikum
seorang dosen selain memiliki hak juga tidak terlepas dengan kuajibannya, kuwajiban dosen diantaranya :
1. menyiapkan dan memberikan substansi perkuliahan dan praktikum sesuai kontrak
2. memberikan kesempatan untuk evaluasi hasil belajar sesering mungkin
3. menyediakan kesempatan seluas-luasnya untuk bertanya tentang materi kuliah yang belum dimengerti mahasiswa
4. memberikan keterbukaan dalam evaluasi hasil belajar
5. mengembalikan semua pekerjaan evaluasi perkuliahan

Jika dilihat dari pemaparan Dr. Moh. Adenan diatas masih banyak yang belum bisa saya lakukan dengan tertib, terkadang masih ada yang dilanggarnya, semisal sebenarnya saya belum paham tentang materi perkuliahan yang disampaikan tetapi saya diam saja dan tidak mau bertanya kepada dosen.Dengan ketidak pahaman saya dan saya diam itu berarti saya belum bisa melaksanakan kewajiban saya sebagai seorang mahasiswa yang baik, namun pada akhirnya saya menyadari untuk belajar lagi dengan giat melalui membaca artikel, jurnal dan buku yang sesuai dengan materi perkuliahan. Terakhir, semoga yang masih menjadi siswa dan ingin melanjutkan studinya tulisan ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi dan tambahan pengetahuan sehingga nantinya bisa menjadi mahasiswa yang bisa merubah wajah indonesia menjadi lebih baik di mata dunia. Andaikan saja tidak bisa merubah diunia maka rubahlah sikap diri sendiri untuk lebih baik.


Comments
2 Comments
  1. Assalamu Alaikum saya dulunya jadi Mahasiswa Paling LAma alias Mapala

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam.tentu pengalamannya juga banyak ya.. sharing pengalaman selama kuliah kayaknya seru

      Hapus

Tulisan terkait